Rabu, 26 Desember 2012

Rantai NAPI


Ini tulisan yang diambil dari diari saya tanggal 18 november 2012, saya ingin sekali share tentang masa-masa krisis anak muda yang sementara saya jalani di masanya saya tentunya. apa hubungannya dengan rantai napi? hahaha...itu sekilas saja, yang ingin saya bagikan dalam kesaksian kali ini adalah perumpamaan hidup masa muda yang tidak punya fokus atau tujuan akan seperti terikat rantai dan tidak bergerak kemana pun juga.
Ini ceritaku, mungkin ada kesalahan kata ataupun ketidaksamaan cara pandang, saya mohon maaf sebelumnya.
Krisis anak muda pada jamanku... 
Galau di masa lajang...
Terpenjara dalam rasa mengasihani diri setelah diputuskan pacar...
Masa muda yang kosong dan tidak punya fokus, karena terlilit dengan status jomblo...
Kepahitan di masa muda....
Ini adalah sekelumit persoalan yang bila kita tidak menata hati dan fokus pada perjalanan hidup kita yang semestinya, maka ini akhir yang kurang memuaskan.
Banyak hal disekeliling saya, tak usah jauh-jauh saya mencari fakta....iya, benar tampaknya teman2 pemuda n remaja akan lebih senang bercerita tentang 'cowo yg ditaksir' 'pacar' daripada menggali firman di alkitab. dan adik saya akan dengan rela membalas sms-sms tengah malam walau menahan kantuk demi untuk balas sms teman perempuannya.
Saya jadi teringat di masa-masa kuliah dulu, ada provider yang menfasilitasi nelpon murah tengah malam, ini merupakan keuntungan buat sebagian teman-temanku untuk saling telponan dgn pacar mereka, sampai rela nahan kantuk demi ngalor ngidul sampai pagi. padahal sewaktu kami praktek di Rumah sakit itu sangat melelahkan dan butuh kondisi tubuh yang fit di waktu pagi. tetapi apapun itu, mereka mau berkorban. sayangnya pengorbanan ini tidak berbuah manis bagi teman2 yang lain karena pada akhirnya hubungan itu putus. iya benar, memang bukan jodoh. saya pun tidak dapat membantah akan hal itu. hanya saja menurut saya, pengorbanan itu tidak perlu dan tidak sesuai pada porsinya. beda cerita kalau sudah menikah, ada harga yang harus dibayar untuk komunikasi yang baik kalaupun terpisah oleh keadaan.
Hidup kok kayak dirantai... saya mengamati ada teman-teman yang masih pacaran tapi sudah mau berkorban kebebasannya pada pacarnya, yang belum tentu akan jadi suami atau istrinya. saya rasa itu sia-sia saja. karena begitu putus, jangan ditanya lagi hati hancur seperti apa, apalagi kalau sudah lama hubungannya tentu saja saat putus rasanya dunia kalau bisa runtuh saat itu.

Anak-anak muda yang hidupnya fokus dan mengejar masa depan semaksimal mungkin sangat luar biasa. Masa muda adalah masa emas bagi seseorang, di waktu muda kita punya kekuatan maksimal untuk melakukan apa saja. tentu saja sangat disayangkan, jika masa muda seseorang berlalu tanpa sesuatu yang tidak dia kembangkan atau maksimalkan. Dan hanya dihabiskan dengan hal-hal yang kurang berguna buat saya, ataupun sekedar foya-foya dan hanya menikmati hidup ini tanpa menghasilkan sesuatu, tanpa berbuat sesuatu. Ada banyak hal yang bisa kita kerjakan dan kembangkan selagi muda, entah dalam kuliah, pekerjaan dan pelayanan kita di gereja. kita bisa pergi kemana saja, mengusahakan apa saja, jangan sampai kita menyesal setelah melewati masa muda kita. karena penyesalan selalu datangnya di belakang.
Nah..kalau kita yang terlibat pacaran. pacaran ala kadarnya, sesuai dengan porsinya. justru menurut saya, sewaktu pacaran kita bisa saling mendukung dan menopang talenta dan ketrampilan pasangan kita. sungguh mengasyikan pacaran yang bisa membawa dampak positif di keluarga dan di lingkungan masyarakat. membangun persahabatan dalam hubungan pacaran itu sebaiknya menjadi tujuan kita pacaran. saling membangun dan saling membantu...sangat indah kok hubungan seperti itu....
Nah...saya senang juga, jika teman-teman yang hobi pergi ke klub-klub untuk menikmati hiburan bisa membawa pengaruh positif di lingkungannya. emang bisa? iya bisa, apa susahnya membawa suasana dan pengaruh positif hiburan di klub-klub tersebut, semangat dan kesenangan itu ditularkan di kampus, di kantor. sesuatu yang negatif bisa kita ubah menjadi positif dengan cara pandang yang berbeda dan motivasi peduli pada orang lain. jika kita peduli pada teman-teman kita, tidak mungkin kita akan menjatuhkan mereka. saya sangat setuju akan hal itu.
Sesuatu yang indah akan terjadi ketika kita mau memuliakan Tuhan, lewat setiap bidang kehidupan kita.
Jangan ada apapun yang mengikat dan merantai kebebasan kita, karena segala sesuatu baik pada porsi yang tepat, jangan kita kecanduan dengan gaya hidup yang merusak tubuh dan persahabatan kita. 
God wants you will have life and the fullness of life. Joy and Peace...
GOD BLESS YOU
^_______^

Senin, 24 Desember 2012

My J.O.Y



Merry Christmas 
 25 Des 2012

Kami sekeluarga sangat bersyukur, kami merasa sangat beruntung bisa merayakan natal di tahun 2012 ini, kami semua sehat dan dalam keadaan yang baik. Sungguh ini suatu Anugrah Tuhan yang patut kami nikmati dan bagikan kepada sesama juga.
Ketika kami flashback setiap perkara yang kami bisa lalui di tahun 2012 ini, Tuhan sungguh sangat baik mengampuni dan menerima serta sangat mengasihi kami. kami sungguh diajar juga untuk saling menerima kekurangan setiap anggota keluarga, apalagi menghadapi Ryan itu bahkan menjadi pergumulan kami sampai hari ini. Kami akui tidak bisa menjaga dia sejak awal sampai dia terlibat dalam kenakalan remaja minum-minuman keras dan foya-foya, tidak mau pergi ibadah pengecualian hari natal dan tahun baru. 
Memang menyesakkan kami menghadapi ryan, kami sayang dan peduli padanya tetapi saling bentrok dengan pikirannya yang tak bisa dibantah. Mungkin dia merasa orangtua pilih kasih. 
Sungguh kami merasakan pertolongan Tuhan buat Papa, ada satu peristiwa yang tak bisa dibagikan tapi ini hampir menjadi tragedi di keluarga, sangking Papa tidak bisa menahan emosinya saat itu. Puji Tuhan, semua bisa terlewati sebenarnya kami sudah mengusir dia dari rumah, tapi kami tidak merasa damai sebenarnya memang masalah kami selesai kalau dia keluar dari rumah, tapi saya sangat khawatir kalau dia di luar rumah, saya merasa kamilah yang harus bisa lebih bersabar dan memberi dia kesempatan sambil kami terus peduli dan mendoakan dia agar selalu tetap dekat dengan kami.
Natal di tahun 2012 ini, bisa berkumpul bersama masuk gereja bareng dan duduk sama-sama itu hadiah natal terindah buat kami sekeluarga. Ketika ada kekompakkan, kasih, saling peduli dan menghargai di tengah-tengah keluarga itu adalah suasana yang penuh damai di bumi. 
Pesan Natal yang disampaikan oleh ketua jemaat gmim yobel, Pdt.Franky Kalalo,M.Th di akhir khotbahnya juga sangat menyentuh setiap keluarga kristen di jemaat kami, beliau menyampaikan DAMAI DI DUNIA, DIAWALI DENGAN DAMAI DI RUMAH. Bulan desember disimbolisasika sebagai bulan spesial buat ibu dan anak. Mengapa tidak setiap anggota keluarga mengingat kembali betapa berharganya keluarga kita, sebagai suami mensyukuri kehadiran dan keberadaan istri, sebagai istri menghargai dan menghormati pekerjaan dan pelayanan suami, sebagai orangtua kita bersyukur dan bangga pada anak-anak kita. Sebagai Orantua, mari perlakukan anak-anak kita sebagai partner dan pasangan kita sebagai teman hidup. Jika dalam keluarga, istri masih menangis, anak-anak masih menangis, Tuhan tidak akan memberkati kepala keluarganya sekalipun dia adalah pemimpin rohani. KELUARGA ADALAH SURGA KECIL DI BUMI. 
Di hari natal ini, kami keluarga mendoakan semakin banyak lagi keluarga-keluarga kristen  diberkati, kiranya Allah sumber rahmat menganugerahkan kedamaian dan sukacita buat kita semua. Tuhan memberkati.
Syalom...
 

Before X.M.A.S




Sabtu, 8 desember 2012
Ibadah pra-natal remaja serayon bitung di gmim getsemani bitung

Hari ini...hari paling bersejarah buat aku tetap di gmim, anak-anak itu dengan segala potensi terhadap pemberian diri mereka telah mencuri hatiku... Tuhan memborbardir segala keegoisan dan tembok-tembok pikiranku yang selama ini kubangun dengan sentuhanNya yang lembut. Kekerasan hati saya hancur dan diganti damai sejahtera yang tak pernah kubayangkan...
Tuhan mengajarku dengan lembut dan penuh kasih, sejauh ini aku telah memcoba berlari dari kasih mula-mula pada gereja lokalku yang telah ‘membesarkan’ aku, hanya karena aku merasa bimbang dan terluka dengan beberapa orang. Saya ingat kata firman ‘besi menajamkan besi, manusia menajamkan manusia’ dan saya berpikir mau cari dimana gereja yang sempurna, mustahil. Karena saya akan bertemu juga dengan orang-orang percaya yang sementara bertumbuh ke arah Kristus, kita semua adalah mantan orang berdosa, sepanjang hidup kita terus dibaharui, dibentuk untuk berkarakter seperti Kristus. Dan saatnya nanti kita semua orang-orang percaya akan disempurnakan ketika kita pulang ke Rumah Bapa, inilah saatnya semua manusia sempurna. Jadi selama di dunia, tidak akan pernah mungkin saya mengharapkan semua orang percaya hanya akan bersikap baik, penuh kasih dan tidak akan pernah mengecewakan atau menyakiti. Kesalahpahaman, saling menyakiti, saling menyalahkan, egois dan keserakahan itu adalah keadaan-keadaan yang dapat terjadi kapanpun. Nah, apa saat-saat ini ketika saya mengalami, saya harus pindah organisasi gereja atau pindah gereja.
Apa tidak ada solusi yang lain? Yang namanya hubungan itu layak dipertahankan dan diperjuangkan untuk tetap berdamai sampai kapanpun. Tuhan Yesus datang ke dunia karena Ia ingin membawa cinta dan kedamaian buat umat manusia, Ia mati juga untuk menggantikan hukuman kita manusia. Tetapi manusia yang mana yang ia selamatkan? Manusia berhati malaikat atau manusia yang berbuat baik seumur hidupnya? Tidak. Tetapi ia mengganti hukuman untuk semua manusia yang berdosa, yang berbuat jahat kepada sesamanya, yang egois, yang serakah, yang membunuh.
Saya jadi ingat perumpamaan seorang raja yang mengampuni dan menganggap lunas hutang yg besar dari salah seorang hambanya, tetapi sang hamba yang beruntung ini pergi kepada temannya yang pernah meminjam uang kepadanya dan menuntut ganti saat itu juga, temannya ini memohon-mohon belas kasihan agar diberi sedikit waktu lagi untuk melunasi hutangnya. Tetapi sang hamba tidak peduli, ia tidak berbelas kasih pada temannya, ia melupakan kebaikan sang raja yang telah mengampuni dan menganggap lunas hutang-hutangnya yang begitu besar... sementara ia  amat memperhitungkan hutang kecil yang tidak seberapa dari temannya sendiri. Mengetahui hal ini, sang Raja murka betapa Ia mau mengampuni dosa yang besar dan tidak mengingatnya lagi, sementara orang yang telah diampuni ini malah menuntut dan memperhitungkan perbuatan mengecewakan yang tidak seberapa dari sesamanya.
Tuhan...ampuni saya yang hampir melupakan akan pengampunan yang terbesar yang Engkau berikan padaku, Engkau mengampuni aku sepanjang masa : masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Ampuni aku yang menuntut perbuatan mengecewakan yang tidak seberapa dari mereka...maaf Tuhan...maafkan aku, pulihkan hatiku dan sembuhkan luka kekecewaanku...

Jumat, 21 Desember 2012

H.E.A.R.T


 -Heart part One-
Saya berdoa meminta rhema firman untuk saya jalani di bulan desember, penghujung tahun 2012 ini dan lewat ini kemuliaan buat Tuhan Yesus saja ^__^
Dalam 1 bait doa Raja Daud, dia katakan : 'give me an undivided heart, that i may fear your name' ( bulatkan hatiku untuk takut akan namaMu )
* yang saya tahu, Tuhan melihat 'hati' manusia ( 1 samuel 16 : 7, bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati )
* yang saya tahu juga, 'dari hati muncul kejahatan, perzinahan, dll...
pemikiran saya :
'Tuhan tertarik pada hati manusia dan iblis juga mengincar hal yang sama'
kenapa??
'jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan  (amsal 4: 23 )
Kemuliaan Allah ialah merahasiakan sesuatu (amsal 25 :2 )
Dan itu salah satu saya dapati dalam kisah Daud diurapi menjadi raja, di 1 sam 16.Tuhan bilang ke nabi Samuel : 'Aku mengutus engkau kepada isai, orang betlehem itu, sebab diantara anak-anaknya telah Kupilih seorang raja bagiKu. kenapa sich Tuhan gak langsung ngomong aja ke samuel, kamu pergi ke betlehem ke keluarga isai, cari anaknya yang namanya daud, dia yang akan Aku pilih jadi raja gantikan saul, hahahha itu pemikiran saya... tapi ternyata Tuhan adalah sang ahli yang misterius :) dan tujuannya jelas, Tuhan mau menguji samuel, Tuhan gak main petak umpet dgn samuel, tapi Dia menguji hati samuel, apakah pilihan samuel sama seperti Tuhan melihat hati seseorang. tapi dari kisah itu saya tahu, seorang nabi pun bisa terkecoh pada penampilan fisik dan itu hampir mengelabui samuel.

Hati itu saya umpamakan dengan matahari, PLN atau PAM...kalau sumbernya diganggu atau dihancurkan maka terganggulah semua yang ada di bumi. matahari gak bersinar, gelap gulita deh siang hari. PLN atau PAM ngalami gangguan, gak ada air dan penerangan deh di setiap rumah-rumah.
Hati adalah sumber kehidupan, Heart atau hati dalam english version adalah jantung. kalau jantung berhenti melaksanakan fungsinya maka seluruh organ-organ dalam tubuh perlahan dan pasti akan mati.
Hati adalah esensi yang dikejar-kejar iblis sampai hari ini, karena ketika hati seseorang ada dalam genggaman tangannya maka orang itu menjadi budak iblis, hidup seperti robot karena hatinya telah dikuasai dan dikendalikan...
Ketika Hati kita adalah buat Tuhan, maka itu berada di tangan yang tepat, di tempat teraman... 
to be continued in heart part two...
God Bless

Kamis, 20 Desember 2012

Almost say Good bye 2012....

Segala kenangan manis dan pahit di tahun 2012 akan segera tutup buku.
Sebagai wanita lajang, aku ingin memaksimalkan tugas panggilanku dan menunaikannya sampai Tuhan memanggil aku pulang.
Aku ingin menjadi penolong yang mengasihi dan dikasihi Tuhan.
Memuliakan Dia lewat sikap hidup dan perbuatanku.
Aku mau keluar dari tahun 2012 ini dengan penuh kemenangan karena aku lebih dari seorang pemenang, itu janji Tuhan atas hidupku.
Apapun yang sudah terlewati tak akan aku sesali dan tangisi lagi.
Semua itu adalah bagian dari masa lalu yang tak akan menggangu aku di masa depan.

Make your own resolution for 2013
God Bless :)

wanita...engkau sangat berharga

Wanita...engkau begitu berharga di mataTuhan.
Wanita....engkau mendapat penghormatan di mata Tuhan dan manusia.
Wanita...engkau dipanggil untuk menjadi seorang penolong betapa mulianya panggilan hidupmu.

Tuhan menciptakan dan memperlengkapi dirimu dengan sebaik mungkin untuk menjadi penolong baik bagi sesama kaum perempuan maupun bagi generasi adam.

Wanita...engkau sangat berharga.
Wanita... engkau sangat dibutuhkan oleh setiap ciptaan Tuhan.
Bumi tanpa kehadiran wanita, tidak tahu apa jadinya.

Percayalah hidupmu tidak akan sia-sia.
Wanita...engkau dipakai Tuhan untuk tujuan yang mulia.

Jadilah wanita terbaiknya Tuhan...
Maksimalkan setiap talenta yang ada padamu dan kembangkan itu untuk memenuhi tugas panggilanmu dengan penuh cinta kepada Tuhanmu.
Yakinlah engkau sedang menyenangkan hati Tuhan lewat tugas panggilanmu sebagai seorang wanita.
Be a Godly Woman


Precious Woman Need Stronger Heart…

Precious Woman Need Stronger Heart… Musim penantian… Apa yang ada di benakmu girls, jika teman2 disekitarmu sudah pada punya pasang...