Rabu, 26 Desember 2012

Rantai NAPI


Ini tulisan yang diambil dari diari saya tanggal 18 november 2012, saya ingin sekali share tentang masa-masa krisis anak muda yang sementara saya jalani di masanya saya tentunya. apa hubungannya dengan rantai napi? hahaha...itu sekilas saja, yang ingin saya bagikan dalam kesaksian kali ini adalah perumpamaan hidup masa muda yang tidak punya fokus atau tujuan akan seperti terikat rantai dan tidak bergerak kemana pun juga.
Ini ceritaku, mungkin ada kesalahan kata ataupun ketidaksamaan cara pandang, saya mohon maaf sebelumnya.
Krisis anak muda pada jamanku... 
Galau di masa lajang...
Terpenjara dalam rasa mengasihani diri setelah diputuskan pacar...
Masa muda yang kosong dan tidak punya fokus, karena terlilit dengan status jomblo...
Kepahitan di masa muda....
Ini adalah sekelumit persoalan yang bila kita tidak menata hati dan fokus pada perjalanan hidup kita yang semestinya, maka ini akhir yang kurang memuaskan.
Banyak hal disekeliling saya, tak usah jauh-jauh saya mencari fakta....iya, benar tampaknya teman2 pemuda n remaja akan lebih senang bercerita tentang 'cowo yg ditaksir' 'pacar' daripada menggali firman di alkitab. dan adik saya akan dengan rela membalas sms-sms tengah malam walau menahan kantuk demi untuk balas sms teman perempuannya.
Saya jadi teringat di masa-masa kuliah dulu, ada provider yang menfasilitasi nelpon murah tengah malam, ini merupakan keuntungan buat sebagian teman-temanku untuk saling telponan dgn pacar mereka, sampai rela nahan kantuk demi ngalor ngidul sampai pagi. padahal sewaktu kami praktek di Rumah sakit itu sangat melelahkan dan butuh kondisi tubuh yang fit di waktu pagi. tetapi apapun itu, mereka mau berkorban. sayangnya pengorbanan ini tidak berbuah manis bagi teman2 yang lain karena pada akhirnya hubungan itu putus. iya benar, memang bukan jodoh. saya pun tidak dapat membantah akan hal itu. hanya saja menurut saya, pengorbanan itu tidak perlu dan tidak sesuai pada porsinya. beda cerita kalau sudah menikah, ada harga yang harus dibayar untuk komunikasi yang baik kalaupun terpisah oleh keadaan.
Hidup kok kayak dirantai... saya mengamati ada teman-teman yang masih pacaran tapi sudah mau berkorban kebebasannya pada pacarnya, yang belum tentu akan jadi suami atau istrinya. saya rasa itu sia-sia saja. karena begitu putus, jangan ditanya lagi hati hancur seperti apa, apalagi kalau sudah lama hubungannya tentu saja saat putus rasanya dunia kalau bisa runtuh saat itu.

Anak-anak muda yang hidupnya fokus dan mengejar masa depan semaksimal mungkin sangat luar biasa. Masa muda adalah masa emas bagi seseorang, di waktu muda kita punya kekuatan maksimal untuk melakukan apa saja. tentu saja sangat disayangkan, jika masa muda seseorang berlalu tanpa sesuatu yang tidak dia kembangkan atau maksimalkan. Dan hanya dihabiskan dengan hal-hal yang kurang berguna buat saya, ataupun sekedar foya-foya dan hanya menikmati hidup ini tanpa menghasilkan sesuatu, tanpa berbuat sesuatu. Ada banyak hal yang bisa kita kerjakan dan kembangkan selagi muda, entah dalam kuliah, pekerjaan dan pelayanan kita di gereja. kita bisa pergi kemana saja, mengusahakan apa saja, jangan sampai kita menyesal setelah melewati masa muda kita. karena penyesalan selalu datangnya di belakang.
Nah..kalau kita yang terlibat pacaran. pacaran ala kadarnya, sesuai dengan porsinya. justru menurut saya, sewaktu pacaran kita bisa saling mendukung dan menopang talenta dan ketrampilan pasangan kita. sungguh mengasyikan pacaran yang bisa membawa dampak positif di keluarga dan di lingkungan masyarakat. membangun persahabatan dalam hubungan pacaran itu sebaiknya menjadi tujuan kita pacaran. saling membangun dan saling membantu...sangat indah kok hubungan seperti itu....
Nah...saya senang juga, jika teman-teman yang hobi pergi ke klub-klub untuk menikmati hiburan bisa membawa pengaruh positif di lingkungannya. emang bisa? iya bisa, apa susahnya membawa suasana dan pengaruh positif hiburan di klub-klub tersebut, semangat dan kesenangan itu ditularkan di kampus, di kantor. sesuatu yang negatif bisa kita ubah menjadi positif dengan cara pandang yang berbeda dan motivasi peduli pada orang lain. jika kita peduli pada teman-teman kita, tidak mungkin kita akan menjatuhkan mereka. saya sangat setuju akan hal itu.
Sesuatu yang indah akan terjadi ketika kita mau memuliakan Tuhan, lewat setiap bidang kehidupan kita.
Jangan ada apapun yang mengikat dan merantai kebebasan kita, karena segala sesuatu baik pada porsi yang tepat, jangan kita kecanduan dengan gaya hidup yang merusak tubuh dan persahabatan kita. 
God wants you will have life and the fullness of life. Joy and Peace...
GOD BLESS YOU
^_______^

1 komentar:

  1. Sesuatu yang indah akan terjadi ketika kita mau memuliakan Tuhan, lewat setiap bidang kehidupan kita.

    Aku setuju :)
    salam kenall jane, manggilnya bener ya? hehe

    BalasHapus

Precious Woman Need Stronger Heart…

Precious Woman Need Stronger Heart… Musim penantian… Apa yang ada di benakmu girls, jika teman2 disekitarmu sudah pada punya pasang...