Minggu, 21 April 2013

Medicine and God



Yes...medicine and God, not medicine versus God yah haha... so, first i want to talk about medicine, fokusnya pada kepatuhan minum obat (wow, bukan Cuma patuh pada atasan lho, pada obat lho. Jadi si sakit siap2 aja nih patuh minum obat, kalo gak kuwalat lho haha) ada obat-obatan tertentu yang punya aturan pakai yang ‘ekstrem’ (gawat nih) saya katakan ekstrim karena sekali pasien putus minum obatnya (lupa atau malas) maka dia harus siap2 mengulang dari awal pengobatannya. Contoh Kasus pada pasien dengan TBC. pengobatan mereka itu paket obat selama 6 bulan Ini saya kutip dari Bro’Google kilasannya : 2 bulan minum obat INH, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol setiap hari (tahap intensif), dan 4 bulan selanjutnya minum obat INH dan rifampisin 3 x dalam seminggu (tahap lanjutan). jadi ada konsekuensinya gitu harus mulai lagi minum obat tersebut dari awal dan yang rugi si pasien sendiri karena dia sendiri yang menunda2 waktu kesembuhannya.
Nah kalo kaum ibu-ibu nih ada yang pake KB tablet. Ini gak kalah ekstrim lagi haha. Karena banyak ibu-ibu gagal KB soalnya suka lupa. Ini saya kutip dari Bro’Google kilasannya Minum pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama sehingga tidak kelupaan. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saat ingat. Namun jika lupa lebih dari 1 hari bisa saja dilanjutkan namun efektifitas berkurang. Lagi-lagi kan ada konsekuensinya jika gak patuh sama aturan mainnya eeh aturan pakai hehe.
Kasus ke-3 nih pada pasien dengan tekanan darah tinggi atau tekanan darahnya > 130/80 (hipertensi) ini paling...paling susah dipatuhi sama pasien. Kalau dokter di tempat kerjaku bilang gini ‘selamat anda sudah hipertensi dan artinya anda tidak boleh tidak minum obat’ (alamak, parah,,,haha). Paling dramatis deh penderita hipertensi  ini Karena pengobatan hipertensi ini almost forever minum obatnya. saya katakan almost yah karena jika tekanan darahnya kembali normal kisaran 120 per 80 ke bawah maka pasiennya tidak minum obat lagi akan tetapi menjaga sebaik mungkin pola makanan yang rendah garam dan olahraga semisal jogging atau jalan sehat.
Nah sebenarnya 3 kasus aja cukup yah tapi karena  ada 1 obat lagi yang sangat familiar di sekitar kita. Makanya aku tulis juga yah soalnya penting banget. Iya amoxilin (golongan antibiotik) ini obat tidak boleh diminum hanya 1- 2 kali saja, wajib hukumnya dihabiskan selama 3 hari (aturan pakai 3x1 tablet untuk dewasa). Kenapa? Obat ini bisa resistent atau gak mempan lagi mengobati infeksi berulang yang dialami tubuh. Hal itu terjadi yah karena sewaktu pemakaian pertama kali, tidak maksimal kerja obatnya (saya kasih ilustrasi jika kita mengunduh file download, kan harus tunggu sampai 100%. nah jika belum 100% terus terputus dengan koneksi inetnya. Otomatis file yg kita unduh Gagal) gitu deh kira2 sama kerja obat amoxilin ini. Ruginya gak tanggung2 kalau infeksi atau radang harus diganti dengan antibiotik yang lain yang lebih mahal dari segi harga, resiko efek samping yang lebih besar, dll.
Hmmm panjaaang yah, jgn bosan yah bacanya hehe. Itu udah dibuat sesingkat, padat dan sejelas mungkin hahaha. Semoga bermanfaat. 
Medicine banyak ajarin saya ttg kepatuhan minum obat sesuai aturannya ( sampe banyak judul skripsi pengaruh kepatuhan minum obat dengan bla bla bla ). 
Jadi anak Tuhan gimana? Ada aturan hidupnya juga kan.  Hidup gak semau gue dong atau jadi kristen tomat (tobat-kumat) abis minta ampun, kumat buat dosa lagi. Pastinya ada resiko dan konsekuensi yang harus aku terima dan itu pastinya rugii buat diri gue sendiri. ini asli dari perkataan Tuhan sendiri yah dari bible
*Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu( yoh 14 : 15).
*Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. ( yoh14 : 21)
*Tetapi barangsiapa menuruti firmanNya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah, dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia ( 1 yohanes 2 : 5)
*Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk, berkat apabila kamu mendengarkan perintah Tuhan Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini. dan kutuk jika kamu tidak mendengarkan perintah Tuhan Allahmu dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal ( ulangan 11 : 26-28 )
*Mengapa kamu berseru kepadaKu : Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? ( lukas 6 : 46 )
LANGKAH PERTAMA menuju ketaatan ialah memutuskan untuk taat kepada Allah. LANGKAH KEDUA ialah disiplin, sebab ketaatan selalu berkembang. Ketaatan menyebabkan pertumbuhan, sambil kita bertindak sesuai dengan pengertian yang kita terima. Ketaatan adalah suatu proses belajar. Yesus "telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya." (Ibrani 5:8)  
Dengan semakin kita dewasa dalam Kristus dan dalam pengetahuan akan Firman-Nya, Allah menuntut dari kita ketaatan yang makin mendalam. Begitu kita mendapat suatu tuntutan baru dari Allah, kita harus segera menanggapinya dan berkeras demikian, hingga Dia membeberkan kehendak-Nya lebih dalam untuk kehidupan kita. Dia ingin agar kita "menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus." (2Korintus 10:5)

Dari sumber blogg ini share banyak tentang ketaatan  http://our-duty.blogspot.com
GOD BLESS...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Precious Woman Need Stronger Heart…

Precious Woman Need Stronger Heart… Musim penantian… Apa yang ada di benakmu girls, jika teman2 disekitarmu sudah pada punya pasang...